Kamis, 19 Agustus 2010

Lenovo:Kontribusi Indonesia Terbesar di ASEAN

Share

Pertumbuhan penjualan komputer di Indonesia yang meningkat pesat, membuat vendor-vendor komputer besar terus mengincar Indonesia sebagai pasar potensial.

Menurut Country Manager Key Account Business Lenovo Indonesia, Sandy Lumi, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat sekali. Sandy menjelaskan, firma riset IDC memperkirakan tingkat pertumbuhan komputer di Indonesia pada 2010 akan mencapai 20-25 persen.

Hal itu membuat para vendor komputer berharap banyak pada penjualan mereka di Indonesia, termasuk vendor komputer asal China: Lenovo. "Lenovo global mengharapkan Indonesia menjadi 'The Next Growth Engine'," kata Sandy.

Lenovo Indonesia sendiri, kata Sandy, hingga kini merupakan kontributor teratas untuk penjualan komputer secara keseluruhan, di wilayah ASEAN. "Dilihat dari unit penjualan, Indonesia yang paling besar di ASEAN," Sandy menjelaskan.

Besarnya jumlah penduduk dan masih rendahnya penetrasi komputer membuat pertumbuhan penjualan komputer Lenovo di Indonesia mengatasi negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, atau Myanmar. "Indonesia memiliki kontribusi hingga 25 persen dari seluruh penjualan di ASEAN," kata Sandy.

Sementara, menurut IDC, penjualan komputer di wilayah Asia Pasifik termasuk Jepang, mencapai hampir 35 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Penjualan komputer portabel di hampir semua negara mengalami pertumbuhan tahunan yang mencapai dua digit.

Di Indonesia, Lenovo sendiri merupakan vendor komputer yang menduduki peringkat ke-5 di bawah Acer, HP, Dell, dan Toshiba. Di Indonesia, Lenovo masih akan fokus pada penjualan komputer di kelas korporat dan enterprise.

"Walaupun di segmen ini penjualan komputer masih berkisar di angka 100 ribu unit per kuartal, namun, masih bisa dijadikan sebagai tulang punggung strategi kami," kata Sandy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails